Pendakian Gunung Tambora

Gunung Tambora adalah gunung yang memperlihatkan pesona alam yang indah dan menawan. Berada di Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, gunung ini kategori aktif dan dalam sejarahnya mempunyai kekuatan letusan yang dasyat. Pada tahun 1815, gunung tambora ini meletus dengan skala 7. Dampak dari letusan gunung tambora ini sangat banyak, mulai dari orang tewas, tsunami, dan penyakit yang ditimbulkan. Bahkan letusan pada tahun itu menyebabkan perubahan iklim dunia. Pada tahun 1816 tidak ada musim panas di Eropa dan Amerika Utara.

Gunung Tambora

Waktu yang tepat untuk mendaki di gunung tambora yaitu antara juli dan agustus, karena bulan-bulan ini yang saya rasa cocok untuk jadwal pendakian. Untuk melakukan pendakian gunung tambora, wajib anda masuk melalui jalur resmi dengan melewati Dusun Pancasila. Ketika mendaki gunung ini, yang perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh mengambil bunga edelweiss karena bunga ini dilindungi. Selain itu yang harus anda perhatikan jalan masuk melewati hutan lindung di saat musim hujan akan menemui banyak lintah. Jadi bawalah perlengkapan pendakian yang benar dan tepat.

Pendakian ini rata-rata memang membutuhkan waktu 3 hari 2 malam melalui hutan lindung. Pikirkan secara matang peralatan dan perlengkapan yang harus dibawa. Keindahan gunung ini memang sulit dikatakan dengan kata-kata. Pesona alaminya membuat kita kagum akan karunia sang pencipta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here