Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Gunung Tangkuban Perahu Bandung Yang Melegenda

Juni 23, 2016 | Destinasi

Gunung Tangkuban Perahu – Tempat wisata yang berlokasi di Bandung ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Ada banyak kawah yang ada dalam Gunung Tangkuban Perahu tersebut. Anda bisa mengunjungi obyek wisata satu ini jika ingin melihat keindahan gunung beserta kawahnya yang memikat. Gunung Tangkuban Perahu terletak di Cikole, Lebang atau sekitar 30 menit dari wisata di kota Bandung. Walau dalam keadaan yang masih aktif, tempat tersebut sangat aman untuk dikunjungi walau beberapa tahun lalu sempat mengalami gempa kecil.

Jika anda ingin mengunjungi tempat tersebut sebaiknya menggunakan pakaian yang agak tebal karena cuacanya yang cukup dingin bahkan jika memakai baju biasa akan merasa kedinginan. Banyak hal yang bisa anda lakukan disini dari berfoto, menikmati pemandangan, duduk berdua dengan pasangan anda, sampai menikmati kuliner yang dijual. Banyak pengunjung yang datang bukan dari Bandung saja tetapi dari areal sekitar Bandung bahkan tak jarang banyak juga yang dari luar kota.

Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu dan Cerita Rakyatnya

Dengan keindahan yang ditawarkan dari Gunung Tangkuban Perahu tersebut, gunung ini juga memiliki sejarah dan ceritanya. Menurut beberapa cerita rakyat Gunung Tangkuban Perahu oleh masyarakat sekitar yang mengisahkan Sangkuriang dan Dayang Sumbi dimana keduanya hidup damai di hutan. Suatu hari saat Sangkuriang berburu rusa dengan ditemani seekor anjing dimana anjing tersebut merupakan ayah dari Sangkuring tadi tetapi dia tidak mengetahuinya, pada hari itu sangkuriang tidak mendapatkan seekor buruan satu pun. Sangkuriang merupakan anak yang patuh dan sayang pada ibunya sehingga ia tidak ingin mengecewakan ibunya. Akhirnya sangkuriang memutuskan untuk membunuh anjing tersebut dan membawa dagingnya pulang. Setelah dimasak barulah Dayang Sumbi sadar bahwa tidak ada anjing tersebut. Akhirnya Sangkuriang mengaku bahwa buruan yang dimasak tersebut adalah anjingnya. Ibunya marah besar sampai melempar batu kearah kepala sangkuriang dan mengenainya. Ibunya juga mengusir anaknya tersebut.

Baca Juga :   Daftar Tempat Wisata di Bandung Terpopuler

Dengan perasaan yang bersalah sangkuriang pergi meninggalkan rumah. Ibunya sebenarnya tidak tega mengusir anak kesayangannya sehingga memohon kepada dewata untuk diberi umur yang panjang agar kelak dapat bertemu dengan anaknya kembali. Suatu ketika ketika sangkuriang tumbuh dewasa dan berburu ke suatu hutan. Dia bertemu dengan wanita cantik jelita akhirnya dia jatuh hati dengan wanita tersebut sehingga ingin mengawininya. Dayang Sumbi sadar ketika mengetahui pada bagian kepala sangkuriang tersebut terdapat luka sehingga mencari cara agar tidak jadi menikah.

Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk dibuatkan danau beserta perahu dalam waktu semalam agar dapat menaikinya berdua. Saat hampir menyelesaikan perahu dan danau tersebut, Dayang Sumbi memohon kepada dewata agar segera diterbitkan pagi. Akhirnya menjadi kenyataan, sehingga apa yang dibuat Sangkuriang sudah selesai sehingga ia jengkel dan menendang perahu tersebut sampai terbaik. Itulah mengapa dinamakan Gunung Tangkuban Perahu. Cerita Gunung Tangkuban Perahu memang sudah melegenda sejak dahulu dan sekarang pun masih banyak yang mempercayainya.

Related For Gunung Tangkuban Perahu Bandung Yang Melegenda